Struktur Daun Lengkap Dengan Penjelasanya

Author: | Posted in Pendidikan No comments

Struktur daun

Secara morfologis dan anatomis, daun adalah organ tanaman yang paling beragam. Daun dapat dibedakan dalam beberapa bagian, yaitu pangkal daun, batang daun, dan daun. Bentuk, struktur dan ukuran daun tanaman bervariasi. Ini digunakan untuk klasifikasi tanaman. Daun terdiri dari tiga jenis sistem jaringan, epidermis, mesofil, dan jaringan pembuluh darah.

Jaringan epidermis

Pada permukaannya, daun memiliki kulit di permukaan atas yang disebut permukaan mandrel dan permukaan bawah yang disebut permukaan punggung.

Sel-sel epidermis umumnya terbentuk dengan kuat untuk membentuk lapisan padat tanpa ruang antar sel. Pada beberapa tanaman, sel epidermis memanjang disebut sel panjang. Di bagian atas tulang daun ada dua jenis sel, sel pendek yang terdiri dari sel silika dan sel gabus.
Epidermis memiliki hubungan yang rusak dengan lubang yang sangat kecil. Bagian itu adalah ruang antar sel yang dibatasi oleh dua sel khusus yang disebut sel penjaga. Sel-sel penjaga bersama-sama membentuk stroma. Oleh karena itu, pori-pori terdiri dari sel tertutup kloroplas, sel kloroplas, dan celah pori.

Fungsi pori dalam pertukaran gas dan penguapan air Pada tanaman terestrial, pori-pori umumnya terletak di bagian bawah permukaan daun. Di sisi lain, pada tanaman air, pori-pori berada di atas daun.

Jaringan mesofil

Daging daun adalah jaringan nyata di dalam epidermis. Daging daun terdiri dari jaringan palisade dan jaringan kenyal (spongy tissue). Kedua jaringan ini mengandung banyak kloroplas sehingga merupakan situs fotosintesis. Jaringan palisade terletak tepat di bawah epidermis, tetapi mungkin ada jaringan subkutan antara epidermis dan jaringan palisade.

Bentuk sel parenkim sepon bisa bervariasi atau menyerupai sel minyak bumi karena diameternya bisa kira-kira sama atau memanjang sejajar dengan arah permukaan daun. Di dalam jaringan bunga sepon ada ruang antar sel (sel tidak kencang). Jaringan spongiform memiliki kloroplas lebih sedikit daripada jaringan palisade. Fitur yang menonjol dari sel parenkim spongiform adalah adanya daun yang menghubungkan sel di sebelahnya.

3. Kirim jaringan

Pembuluh jaringan daun berada di tulang daun. Selain itu, daunnya memiliki urat tipis dan berfungsi sebagai arteri yang membawa makanan ke seluruh tubuh. Tulang daun bertindak untuk memperkuat daun. Selain itu, vena nabati berfungsi sebagai kerangka daun.

Sumber : https://laelitm.com/