Pola Makan Sehat

Author: | Posted in Umum No comments

Makanan sehat

Menerapkan gaya hidup sehat termasuk pengaturan pola makan sehat tidak terlalu sulit. Kita semua tahu bahwa makanan kesehatan mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, tetapi tentu saja jumlah dan varietasnya masih perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tubuh yang mencerna cukup nutrisi bekerja secara optimal dan memungkinkan kita bekerja dengan baik. Ini tentu penting bagi pekerja kantoran dengan permintaan tinggi untuk bekerja.

Saat mengelola diet sehat

Anda perlu memperhatikan elemen 3J, yaitu jumlah, tipe, dan jadwal.

  1. Jumlah uang
    Jumlah makanan yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Jika jumlahnya berlebihan, dapat menyebabkan obesitas, yang pada akhirnya akan meningkatkan risiko berbagai penyakit.
    mengetik
  2. Silakan pilih jenis makanan lezat. Demi kesederhanaan, jika ada alternatif yang lebih sehat, itulah yang harus Anda pilih. Untuk karbohidrat, misalnya, alih-alih karbohidrat sederhana seperti kue basah dan kue kering, pilih karbohidrat kompleks seperti nasi dan kentang. Mengenai asupan lemak, tolong jangan mencoba dari gorengan sebanyak mungkin.
  3. Susunan acara
    Tetap makan. Ini dimaksudkan untuk menjaga stabilitas glukosa darah untuk menghindari kelaparan di luar jam makan.

makanan sehat

Anda juga bisa membuat tubuh Anda sehat dengan berhenti merokok, minum minuman beralkohol, atau mengurangi stres.
Kiat diet sehat untuk pekerja kantoran

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baik. Mari kita ubah kebiasaan makan yang buruk dan mulai makan sehat. Di bawah ini adalah beberapa tips diet sehat pekerja bergaji.

Biasakan sarapan

Silakan biasakan untuk memulai hari dengan sarapan sebelum Anda memulai kegiatan. Silakan pilih sarapan dengan nutrisi seimbang dengan cukup protein, karbohidrat, serat, dan sedikit lemak dan gula. Contoh sarapan yang lezat adalah nasi termasuk telur rebus atau omelet dan sayuran. Anda bisa menambahkan tahu dan tempe. Anda juga dapat sarapan dengan roti gandum dengan telur dan selada. Dalam waktu yang sempit di pagi hari, pekerja bergaji kadang-kadang melewatkan waktu sarapan, makanan instan yang tidak seimbang dalam nilai gizi, karbohidrat, makanan kaya lemak dan gula, makanan bebas protein seperti nasi, lontong sayur, atau bubur nasi ayam konsumsi. Jika tidak mungkin menyiapkan sarapan sendiri, cara untuk menghindarinya adalah dengan membeli sarapan siap saji dan kemudian menambahkan protein, misalnya telur, tahu, atau tempe. Setelah itu, asupan serat cukup dengan memakan buah.

Bawa makan siang biasa dan makan siang Anda sendiri

Membawa makan siang Anda sendiri untuk makan siang tidak membutuhkan usaha ekstra. Namun dengan menyiapkan makan siang Anda sendiri, kita bisa mengukur jumlah makanan yang dibawa dan menentukan jenis makanannya. Dengan demikian, jumlah makanan yang kita makan tidak terpengaruh oleh kelaparan, jenis makanan tidak terpengaruh oleh godaan lingkungan sekitarnya. Ingat, makan juga di waktu makan reguler. Dengan mengikuti waktu makan, Anda bisa menghindari camilan dan camilan di luar waktu makan.

Bawa camilan sehat

Camilan sehat diperlukan untuk menjaga glukosa darah selama makan, sehingga pada jam makan berikutnya Anda tidak akan kelaparan dan makan terlalu banyak. Camilan sehat dalam bentuk makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak minimal mengandung protein dan, jika mungkin, juga mengandung serat. Contoh camilan sehat adalah buah-buahan dan kacang-kacangan.

Tingkatkan asupan air

Perlu memiliki kelembaban yang cukup dengan minum air secara teratur. Harap hanya minum air. Hindari Anda minum gula yang ditambahkan ke selera Anda secara sengaja, minuman yang ditambahkan ke gula, minuman kemasan dan minuman lainnya.

Biasakan makan malam

Tentu saja, penting untuk menyelesaikan hari di malam hari. Makan malam yang teratur akan membantu meningkatkan tidur tubuh malam hari. Bahkan jika Anda ingin menurunkan berat badan, tetaplah makan dengan nutrisi seimbang dan jangan makan malam sama sekali.
Kurangi konsumsi minuman manis

Sungguh menggembirakan untuk makan minuman manis terutama di cuaca panas. Tetapi tahukah Anda bahwa asupan gula berlebihan itu buruk bagi kesehatan Anda dan Anda berisiko menyebabkan diabetes? Pada tahun 2018, lebih dari 10% populasi Indonesia menderita diabetes.

Asupan gula yang direkomendasikan per hari adalah 5% dari kebutuhan kalori harian, yaitu 20 g (4 sendok teh tsp). Ini termasuk gula yang ditambahkan ke makanan dan minuman. Cara termudah untuk mengurangi asupan makanan dan minuman manis adalah dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman kemasan yang umumnya mengandung gula. Silakan pilih makanan dan minuman yang dikemas dengan gula seminimal mungkin. Jika Anda ingin menambahkan rasa manis

baca juga :