pengertian dan contoh Teks Ulasan

Author: | Posted in Pendidikan No comments

Teks Ulasan umumnya ditulis dalam bentuk artikel, sehingga teks ulasan dapat disebut artikel ulasan. Di lingkungan kita, ulasan biasanya dilakukan pada buku, jadi teks ulasan disebut ulasan buku, ulasan buku, atau skala. Tentu saja, ulasan tidak harus dilakukan dalam buku, tetapi karya-karya lain seperti artikel, karya sastra (cerita pendek, novel, drama, puisi), karya seni (musik, tari, kerajinan, lukisan, pertunjukan, film) Tapi Anda bisa . )

Anda juga dapat meninjau acara seperti olahraga dan kegiatan sosial lainnya. Review adalah teks untuk membantu mengevaluasi, mengevaluasi, dan mengirimkan kritik pada karya dan acara yang diulas.

Teks Ulasan

Silakan merujuk ke penjelasan terperinci di bawah ini untuk teks ulasan.
Memahami teks ulasan pakar

Teks ulasan adalah teks yang mencakup ulasan, peringkat, atau ulasan karya seperti film, drama, buku. Ulasan teks juga disebut sebagai pengulas. Saat meninjau pekerjaan, peninjau perlu menjadi penting agar hasil peninjauan dapat berkontribusi pada kemajuan pekerjaan.

Review juga disebut review. Tinjauan umumnya ditulis dalam bentuk artikel sehingga teks ulasan juga disebut artikel ulasan dan ulasan adalah teks untuk membantu mengevaluasi, mengevaluasi dan mengkritik karya atau peristiwa yang ditinjau (Gerot & Wignell, 1994; Hyland & Diani, 2009). .

Tujuan teks ulasan

Teks ulasan memiliki beberapa tujuan.

  1. Jelaskan pendapat dan evaluasi pengulas pekerjaan
  2. Berikan informasi tentang kelayakan pekerjaan secara umum
  3. Bantu pembaca mengetahui konten pekerjaan
  4. Berikan pembaca dengan informasi tentang pro dan kontra dari karya yang ditinjau atau ditinjau
  5. Ketahui perbandingan karya dengan karya serupa lainnya
  6. Berikan informasi lengkap tentang pekerjaan tersebut.
  7. Beri tahu pembaca untuk merenungkan, berpikir, dan mendiskusikan masalah yang terlibat dalam pekerjaan.
  8. Harap perhatikan pembaca apakah karya itu layak menghibur.
  9. Kami akan memudahkan pembaca untuk memahami hubungan antara satu karya dan karya serupa lainnya.
  10. Perhatikan pembaca sebelum memilih karya, membeli, dan bersenang-senang memutuskan.

Fitur teks ulasan

Tinjauan teks atau resensi memiliki fitur berikut.

Strukturnya terdiri dari orientasi, interpretasi, evaluasi dan ringkasan.
Ini berisi informasi berdasarkan pendapat dan pendapat penulis tentang karya dan produk.
Pendapat didasarkan pada fakta yang ditafsirkan
Saya punya nama lain, yaitu resensi.

Struktur ulasan teks

Struktur teks ulasan adalah pengaturan yang membuat sehingga teks ulasan menjadi teks lengkap. Struktur teks ulasan terdiri dari item berikut.

orientasi

Orientasi adalah bagian pertama yang menjelaskan deskripsi umum dari kedua karya, film, drama, dan buku yang akan ditinjau. Bagian orientasi memberikan penjelasan kepada pembaca tentang apa yang akan ditinjau.

Interpretasi

Interpretasi adalah bagian yang berisi penjelasan rinci tentang karya yang ditinjau. Misalnya, itu termasuk karya, identitas, keunggulan, kualitas dll.

Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang berisi pandangan pengulas tentang hasil kerja yang ditinjau. Evaluasi akan dilakukan setelah pengulas memiliki interpretasi yang memadai terhadap pekerjaan tersebut. Di bagian evaluasi ini, pengulas merujuk pada bagian atau manfaat berharga dari pekerjaan mereka. Atau kurang penting bagian dan cacat kerja.

Ringkasan

Ringkasan adalah bagian yang berisi kesimpulan dari ulasan pekerjaan. Bagian ini juga mencakup komentar penulis tentang apakah kualitas pekerjaan itu tinggi atau apakah akan dilihat atau dibaca.

Sumber : https://materibelajar.co.id/