Nama Latin dan Manfaat Tumbuhan Paku

Author: | Posted in Pendidikan No comments

Nama Latin dan Manfaat Tumbuhan Paku

Nama Latin dan Manfaat Tumbuhan Paku

 

bkpsdm.pringsewukab.go.id – Manfaat dari tumbuhan paku (Pteridophyta) yaitu :
1. Dipelihara sebagai tanaman hias, contohnya:
a) Adiantum pedatum

b) Alsophila cuspidata

c) Asplenium nidus

2. Sebagai salah satu bahan dalam pembuatan karangan bunga, misalnya Lycopodium cernuum.
3. Untuk sayuran, misalnya:
a) Diplazium esculentum (Pakis)

b) Salvinia natans (paku sampan atau kiambang)

c) Marsilea crenata (Semanggi)

4. Pupuk hijau, misalnya
a) Azolla pinnata, bersimbiosis dengan Anabaena sp (alga biru) yang berperan dalam fiksasi nitrogen. Karena paku Azolla pinata akan bersimbiosis dengan bakteri Anabaena yg mana mengikat nitrrogen bebas yang menyuburkan tanah bagi tumbuhan.

5. Bahan obat-obatan;
a) Marsilea crenata (Semanggi). Secara kimia banyak mengandung coumarin dan hyperin. Khasiatnya sangat banyak seperti mampu menghilangkan bengkak, anti radang, anti biotik, pelancar air seni, penurun panas, penetralisir racun dan pelancar dahak, selain dari juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit kuning dan pengecilan hati. Selain itu juga diketahui bahawa Marsilea creanata mengandung fitoestrogen(9estrogen tumbuhan) yang berpotensi mencegah osteoporosis dan berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb

b) Lycopodium cernuum mempunyai manfaat sebagai obat tradisional, misalnya untuk obat luka memar, keseleo, bengkak, dan keracunan organofosfat. Tumbuhan ini mengandung senyawa alkaloid dengan sistem cincin yang unik serta mempunyai aspek biogenetik dan biologi yang menarik. Senyawa alkaloid dari genus Lycopodium yang dikenal sebagai alkaloid likopodium merupakan alkaloid dengan tipe kuinolizin, piridin dan a-piridon. Selain itu Lycopodium cernuum juga banyak digunakan dalam pembuatan karangan bunga.

c) Drymoglossum piloselloides (Paku Sisik Naga) mempunyai banyak manfaat pada bidang kesehatan, diantaranya dapat di gunakan sebagai pengobatan beberapa penyakit antara lain adalah: gondongan (parotitis), TBC kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening (skrofuloderma), sakit kuning (jaundice), sukar buang air besar (sembelit), sakit perut, disentri, kencing nanah (gonore), batuk, abses paru-paru, TB paru disertai batuk darah, perdarahan, seperti luka berdarah, mimisan, berak darah, muntah darah, perdarahan pada perempuan, rematik, keputihan (leukore), dan kanker payudara. Sedangkan bagian yang dapat di gunakan adalah bagian daun pada Drymoglossum piloselloides.

d) Diplazium esculentum (Pakis). Nutrisi yang terkandung dalam daun pakis ini sangat banyak yakni protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, vitamin C, vitamin A, karoten serta lemak yang cukup rendah. Untuk mengobati Luka, kandungan vitamin C yang tinggi mampu meningkatkan pembentukan kolagen yang akan mempengaruhi keberadaan sel di semua jaringan ikat (tulang rawan membran kapiler dan kulit). Sehingga akan mempercepat proses penyembuhan luka. Daun pakis segar sangat tinggi antioksidan vitamin A, dan karoten. Vitamin A adalah anti-oksidan alami yang kuat dan diperlukan oleh tubuh untuk menjaga integritas kulit dan membran lendir. Vitamin A juga merupakan vitamin yang sangat penting untuk penglihatan. Studi penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin A alami akan membantu tubuh terlindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Pakis juga diperkaya flavonoid dan polifenol yang punya khasiat sebagai antioksidan dan antibakteri, seperti Alfa karoten dan Beta karoten. Karoten dalam tubuh mengkonversi ke vitamin A yang membantu menangkal radikal bebas berbahaya, serta perlindungan dari kanker, peradangan, batuk, virus flu dan demam.

e) Nephrolepis exaltata. Menurut penelitin Badan Antariksa AS (NASA) menyebutkan bahwa tanaman ini sebagai penyerap paling efektif terutama formaldehid, xylene, trychloroethylen dan karbon monooksida. NASA bahkan merekomendasikan tanaman ini diletakkan dalam ruangan karena mampu menyerap formaldehid dari tempok maupun furniture.

 

sumber :

Klasifikasi Tumbuhan Paku : Pengertian, Ciri, Jenis dan Habitatnya