Cara menulis angka Romawi dengan mudah dan benar

Author: | Posted in Pendidikan No comments

Angka Romawi – angka dan angka menjadi salah satu bahan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Fungsinya agak luas karena penomorannya dan yang paling banyak digunakan adalah angka Romawi. Banyak yang mengatakan sangat sulit untuk menulis angka-angka ini, terutama jika mereka telah mencapai ribuan atau bahkan jutaan. Namun, jika Anda sudah tahu triknya, menulis angka dalam jumlah berapa pun akan sangat sederhana.

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui urutan angka Romawi mulai dari 1 hingga 10. Mempelajari teknik menulis akan sangat berguna bagi Anda nanti, terutama ketika membuat surat atau laporan yang bersifat resmi. Beberapa dari mereka lupa penulisan angka Romawi 9, ini masuk akal karena metode penulisan berbeda dari angka 8. Jadi, jika Anda ingin menggunakan angka-angka ini untuk membuat dokumen, majalah, dll, perhatikan ketentuannya. Untuk mempermudah, kami menyertakan tabel angka Romawi dari angka 1 hingga 100.
Angka Romawi 1 – 100:

Cara menulis angka Romawi dengan mudah dan benar

Dalam metode penulisan angka Romawi, ada dua karakter yang harus diketahui, yaitu dasar dan kombinasi. Masing-masing menunjukkan angka yang berbeda. Karakter dasar seperti I, V, X, L, C, D, M dan lainnya. Sedangkan karakter gabungan, misalnya, adalah angka Romawi 11, yaitu XI, yang terdiri dari dua karakter dasar. Jika Anda sudah memahami kedua jenis konsep ini, maka sejumlah angka dapat dengan mudah diubah menjadi bentuk Romawi. Cara termudah adalah:

1. Tulis angka desimal terlebih dahulu
Pada dasarnya, penulisan 9 angka Romawi berkaitan erat dengan angka desimal. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengubah angka Romawi, Anda harus terlebih dahulu membuat versi desimal, seperti 1.252, 343, 24, dan seterusnya.

Selengkapnya di : https://rumusrumus.com/angka-romawi-1-sampai-100/

2. Jelaskan angka desimal
Untuk dapat melakukan angka Romawi yang cukup rumit, Anda perlu menguasai teknik dasar. Selain menghafal angka Romawi 1-100, pahami pula cara menggambarkan angka yang mencapai ribuan bahkan jutaan. Misalnya dalam contoh di atas, 1252, biarlah 1000 + 200 + 50 + 2. Pada langkah ini, jangan salah karena dapat membuat jenis angka Romawi salah.

3. Terjemahkan ke dalam versi Romawi
Setelah menggambarkan angka desimal, Anda dapat menerjemahkannya ke dalam bentuk Romawi. Jelas Anda harus mengingat modul dasar dan bahkan menggabungkan. Misalnya angka Romawi 9 adalah IX, 13 adalah XIII dan seterusnya. Dalam kasus sebelumnya, yaitu 1,252 yang dipisahkan oleh ribuan, ratusan dan puluhan, hasilnya menjadi M + CC + L + II = MCCLII. Tidak mudah melakukan ini. Jadi, jika Anda sudah memahami tekniknya, masalah apa pun akan diselesaikan dengan mudah.

Ada berbagai jenis roman yang telah berubah karena mereka akan memasukkan bentuk dasar lainnya. Misalnya, angka Romawi 9, yaitu IX dan bukan VIIII. Ini karena akan mengalami perubahan bentuk. Contoh lain adalah angka Romawi 4 adalah IV dan bukan IIII.

Teknik penerjemahan angka Romawi tampaknya sederhana, tetapi ada beberapa yang sering melakukan perubahan terutama pada nilai nominal tertentu seperti 40, 90, 400 dan seterusnya. Tetapi jika Anda sudah mengerti cara paling sederhana, Anda tidak perlu menghafal karakter atau kombinasi dasar. Di sini saya sertakan contoh penulisan angka Romawi mulai dari angka 1 hingga 1000 yang dapat dirujuk.