2019-03-06 143 kali dibaca 2.00

BKPSDM KABUPATEN PRINGSEWU SIAP MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Image

Era Revolusi Industri 4.0 telah menghadirkan perubahan dan ketidakpastian yang memunculkan berbagai tantangan yang akan dihadapi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada masa mendatang. Konsekuensi itu membuat ASN saat ini bekerja pada era pemerintahan dengan sistem informasi terbuka (Open Government). Dengan tuntutan publik saat ini, penyelenggara pembangunan berkewajiban membuka ruang partisipasi bagi masyarakat sehingga dibutuhkan ASN yang tidak hanya berintegritas dan profesional, tapi juga berwawasan global serta menguasai teknologi informasi.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pringsewu selaku unit kerja yang mengelola kepegawaian merupakan salah satu unsur pendukung pelaksanaan fungsi dari manajemen suatu pemerintah daerah. Dalam kegiatan organisasi tersebut BKPSDM Kabupaten Pringsewu mengelola berbagai macam administrasi kepegawaian seperti pengelolaan data identitas pegawai, pengelolaan data dalam Sistem Informasi Kepegawaian (SIK), mutasi kepangkatan, kenaikan gaji berkala, mutasi jabatan, pensiun, hukuman disiplin, diklat penjenjangan kepegawaian, diklat teknis dan fungsional, cuti pegawai, tanda jasa dan penghargaan pegawai, dan masih banyak lagi produk lainnya.

Dalam kesiapan memasuki revolusi industri 4.0, salah satu langkah prioritas yang tengah dilakukan pemerintah adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Begitu pula yang terjadi di Kabupaten Pringewu, ASN diharapkan memiliki karakter, kompetensi, kolaborasi, kontribusi, dan kreativitas agar tidak ketinggalan menghadapi perubahan di era revolusi industri 4.0. Fokus perbaikan manajemen ASN untuk menyongsong era industri 4.0 harus komprehensif. Mulai dari perencanaan, rekrutmen dan orientasi, pengembangan kapasitas, penilaian kinerja dan reward, promosi dan rotasi, sampai dengan purnabakti. Kesiapan menyongsong revolusi industri 4.0 ini ditunjukkan oleh BKPSDM Pringsewu dengan membangun sebuah Sistem Informasi Kepegawaian yang terintegrasi dengan seluruh unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu. Diharapkan dengan adanya sebuah sistem yang terintegrasi, penyajian data kepegawaian akan lebih cepat, akurat, dan real time. Selain itu Sistem Informasi Kepegawaian juga dibangun dengan tujuan pelayanan kepegawaian yang paperless karena semua berkas kepegawaian sudah tersimpan dalam bentuk e-document sehingga akan memudahkan para ASN dalam mengurus segala urusan kepegawaian.

 

Leave a Reply